Proses Terjadinya Penurunan Tekanan Uap ~ Lihat Penjelasannya

Tekanan Pada Saat Uap Dan Komponen Larutan Yang Tidak Menguap Dan

Proses Terjadinya Penurunan Tekanan Uap


Hey teman - teman! Kamu pernah mengalami suatu kejadian dimana air terlihat mengepul dan menguap meskipun masih berada di dalam wadah tertutup rapat dengan suhu rendah? Hal tersebut, terutama terkait dengan penurunan tekanan uap yang terjadi di dalam wadah tersebut. Nah, kali ini, kita akan membahas secara detail tentang proses terjadinya penurunan tekanan uap.

-

Apa itu Tekanan Uap?


Sebelum membahas lebih jauh terkait dengan proses terjadinya penurunan tekanan uap, tentunya kita harus memahami dulu terkait dengan apa itu tekanan uap. Tekanan uap adalah tekanan dari suatu gas yang menguap pada suhu dan tekanan tertentu di atas permukaan zat cair yang sama. Artinya, suatu cairan akan menguap saat tekanan uapnya sama dengan tekanan atmosfer pada suhu tertentu.


Bagaimana Proses Terjadinya Penurunan Tekanan Uap?


Proses terjadinya penurunan tekanan uap dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yakni penurunan tekanan uap pada suhu konstan dan penurunan suhu pada tekanan konstan. Di bawah ini akan dijabarkan masing - masing jenis penurunan tekanan uap tersebut.


1. Penurunan Tekanan Uap pada Suhu Konstan


Pada suhu konstan, terjadinya penurunan tekanan uap tersebut disebabkan oleh dua hal, yakni:



  • Variasi jumlah partikel, dimana tekanan uap tergantung pada banyaknya zat yang berada dalam kondisi menguap yang membuat terdapat partikel gas di atas kondensasi mendominasi. Dengan kata lain, semakin sedikit jumlah partikel gas maka semakin sedikit pula jumlah partikel kondensasi sehingga tekanan uap pun semakin rendah.

  • Menurunnya kecepatan partikel yang memungkinkan terjadinya molekul gas yang kembali ke kondisi cairan.


2. Penurunan Suhu pada Tekanan Konstan


Pada kondisi ini, terjadinya penurunan tekanan uap disebabkan oleh dua hal, yakni:



  • Menurunnya titik didih zat cair, dimana pada suhu rendah maka zat cair akan cenderung lebih sulit menguap sehingga tekanan uap pun menjadi lebih rendah.

  • Mengurangi jumlah molekul gas yang menguap karena adanya beberapa molekul yang kembali menjadi mode cairan. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat menyebabkan terbentuknya lapisan es di permukaan zat cair.


Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa terjadinya penurunan tekanan uap pada suatu suhu akan mempengaruhi jumlah gas yang keluar dari zat cair. Semakin rendah tekanan uap, maka semakin lambat pula keluarnya gas dan sebaliknya. Jadi, sangat penting bagi kita untuk memahami proses terjadinya penurunan tekanan uap agar dapat menghindari terjadinya kerusakan pada zat cair yang kita miliki.


Penutup


Itulah tadi penjelasan mengenai proses terjadinya penurunan tekanan uap yang terjadi di dalam zat cair. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang baik terkait dengan hal tersebut. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman - temanmu ya! Terima kasih sudah membaca.


‼️Video - Penurunan Tekanan Uap Pelarut Dengan Zat Terlarut πŸ‘‡


Pertemuan 1, 2, dan 3,Isi kandungan ayat distilasi -

Penurunan Tekanan Uap - BELAJAR KIMIA
source:www.kimia100.com

penurunan uap tekanan keterangan

Penurunan Tekanan Uap - BELAJAR KIMIA


Berkaitan dengan Artikel,Tekanan uap berkaitan dengan koligatif larutan, koligatif kendimana penurunan tekanan uap yang terjadi iaitu dan tekanan rata-rata uap sebesar 33,4 kPa (di situ) dan 32,4 kPa (di sini) diketahui dan koligatif larutan kendimana penurun -

#Tags: #penurunan tekanan uap pada sifat koligatif larutan non elektrolit, #proses terjadinya penurunan tekanan uap | kimia kelas 12, #penurunan tekanan uap dan kenaikan titik didih - youtube, #proses terjadinya penurunan tekanan uap | kimia kelas 12, #penjelasan penurunan tekanan uap - ujiansma.com, #penurunan tekanan uap dalam kehidupan sehari-hari | matra pendidikan, #sifat koligatif larutan dan sifatnya menurut hukum roult [materi lengkap], #sifat kologatif larutan : penurunan tekanan uap – sains kimia, #penurunan tekanan uap, sifat koligatif, un kimia 2016 pembahasan 027, #penurunan tekanan uap - youtube, #sifat koligatif larutan : penurunan tekanan uap, #kimia - penurunan tekanan uap & kenaikan titik didih - youtube, #sifat koligatif larutan : penurunan tekanan uap jenuh - youtube, #penurunan tekanan uap, #proses terjadinya penurunan tekanan uap | kimia kelas 12, #sifat koligatif larutan dan sifatnya menurut hukum roult [materi lengkap], #kimia kelas 12 : penurunan tekanan uap - youtube, #soal un sifat koligatif larutan lengkap dengan pembahasannya - materi, #penurunan tekanan uap pelarut dengan zat terlarut, #proses terjadinya penurunan tekanan uap | kimia kelas 12, #penurunan tekanan uap - belajar kimia, #penurunan tekanan uap pada sifat koligatif larutan non elektrolit, #penurunan tekanan uap pelarut dengan zat terlarut, #penurunan tekanan uap - youtube, #sifat koligatif larutan : pengertian, contoh soal, penerapan - kimia, #penurunan tekanan uap - youtube, #penurunan tekanan uap pada sifat koligatif larutan non elektrolit, #contoh soal penurunan tekanan uap larutan elektrolit - contoh soal terbaru, #penurunan tekanan uap - youtube, #penurunan tekanan uap larutan - materi kelas, #contoh soal penurunan tekanan uap larutan elektrolit - contoh soal terbaru, #penurunan tekanan uap (∆p) | sifat koligatif larutan | kimia kelas 12, #materi penurunan tekanan uap - sekolah siswa, #tekanan pada saat uap dan komponen larutan yang tidak menguap dan, #penurunan tekanan uap - youtube,

Related post:

πŸ‘‰ Best Times To Post On Tiktok Uk 2021, See The Explanation!
πŸ‘‰ [Complete] Minecraft House Ideas Plains ~ Here's The Explanation!
πŸ‘‰ [VIDEO] Cara Akses Live Teaching Untuk Siswa - Berikut Penjelasannya
πŸ‘‰ [FULL] When Do Youtube Shorts Blow Up , Here's The Explanation!
πŸ‘‰ [Complete] Youtube Shorts Algorithm 2023 Reddit ~ See The Explanation!
πŸ‘‰ Why Can I Only Do 15 Seconds Youtube Shorts ~ See The Explanation!
πŸ‘‰ Minecraft House Ideas Tutorial - This Is The Explanation!
πŸ‘‰ Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Kimia Sma Dan Pembahasannya - Inilah Penjelasannya
πŸ‘‰ Why Is Youtube Shorts Showing The Same Videos ~ This Is The Explanation!
πŸ‘‰ [Complete] Minecraft Modern Japanese House , This Is The Explanation
πŸ‘‰ [Complete] Why My Shorts Suddenly Stopped Getting Views ~ See The Explanation!
πŸ‘‰ Best Time To Post On Tuesday On Tiktok ~ Here's The Explanation!
πŸ‘‰ [Complete] Do Youtube Shorts Use Thumbnails , Full With Video Content High Definition!
πŸ‘‰ [VIDEO] Should You Post Youtube Shorts On Main Channel ~ Complete With Video Content HD!
πŸ‘‰ Belajar Membuat Procedure Text Dari Minuman Viral , Lengkap Dengan Video Clips [4K]!
πŸ‘‰ When Do Youtube Shorts Blow Up , Here's The Explanation!
πŸ‘‰ The Best Time To Post On Tiktok On Monday - See The Explanation!
πŸ‘‰ Minecraft Modern House Build - This Is The Explanation
πŸ‘‰ Youtube Shorts Algorithm 2023 Reddit - Complete With Videos 480p!
πŸ‘‰ Why My Shorts Suddenly Stopped Getting Views - See The Explanation!
πŸ‘‰ How To Disable Youtube Shorts Permanently , Complete With Video Clips High Definition!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Ciri Ciri Perubahan Sosial Budaya , Inilah penjelasannya

(~)auguri buon anno lucy - Buon anno biglietti di auguri e immagini bellissime (Tutorial)

short curly hairstyles uk - 37 best hairstyles for short curly hair trending in 2019 (4K)